Struktur organisasi adalah konfigurasi peran formal, prosedur, governansi & mekanisme kontrol, kewenangan & proses pengambilan kebijakan.
Tiga jenis Struktur dasar :
1. Struktur Sederhana
Pemilik-Manajer :
Pemilik-Manajer membuat semua keputusan penting secara langsung dan mengawasi semua kegiatan.
Sulit mempertahankan struktur ini ketika perusahaan tumbuh dalam hal ukuran dan kompleksitas.
2. Struktur Fungsional
Satu tingkat di atas struktur sederhana
Cocok untuk perusahaan dengan usaha tunggal atau dominan
Memungkinkan spesialisasi tugas
Mengatasi keterbatasan pemrosesan informasi pemilik/manajer tunggal
Kepala bagian fungsional bertanggung jawab kepada CEO yang menggabungkan keputusan dan tindakan dari sudut pandang perusahaan secara keseluruhan
Risiko konflik antar tugas manajer yang tidak jelas
3. Struktur Multi-divisional (bentuk-M)
Tiap divisi beroperasi sebagai usaha yang terpisah
Cocok untuk related-diversified businesses
Tugas kunci manajer perusahaan adalah memanfaatkan sinergi antar divisi
Manajer menggunakan kombinasi pengawasan stratejik dan keuangan
Manajer berusaha menemukan keseimbangan antara :
* Persaingan antar divisi untuk memperoleh sumber kapital yang langka
* Menciptakan peluang kerja sama untuk mengembangkan sinergi
Tujuannya adalah untuk memaksimalkan kinerja keseluruhan perusahaan
Pembuatan keputusan manajer dalam struktur Multi-Divisional kemungkinan menjadi:
* Terpusat atau Desentralisasi
* Birokratis atau Non-Birokratis
Keseimbangan dalam dimensi tersebut dapat berubah sepanjang waktu
Struktur akan berkembang bersama dengan:
* Perubahan strategi
* Derajat diversifikasi
* Cakupan geografis
* Sifat persaingan
Dikutip dari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/struktur-organisasi-dan-pengendalian/
Kamis, 26 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar